sekarang saya akan menuliskan rangkuman dari judul Membuat web yang baik. semoga membantu bahan belajar
Berfokus pada 5 P:
- Produk: meninjau produk dan memilih produk yang cocok untuk bisnis online,
- Promosi: mempromosikan situs melalui iklan dan menawarkan penjualan melalui web site,
- Presentasi: navigasi situs yang mudah dan tampilan serta rasa harus berdasarkan logo dan standar perusahaan,
- Proses: proses pendukung konsumen harus diintegrasikan dalam web site,
- Personalisasi: menyiapkan manajemen order, logistik, dan infrastruktur teknis.
Aturan visual website:
- Isi: berfokus pada isi, setelah itu desain,
- Konsistensi: merancang desain secara konsisten tanpa mengubah isi,
- Kepadatan: membagi isi ke bagian yang lebih kecil tetapi tidak memecahnya,
- Desain: menggunakan beberapa warna,
- Ukuran: menggunakan gambar kecil yang berdampak besar.
Menarik perhatian pengunjung web site:
- Menawarkan informasi gratis,
- Personalisasi,
- Mendukung online dan offline reading,
- Pemasaran dan penjualan langsung,
- Lebih cepat dari konsumen,
- Event pemasaran.
Untuk mengimplementasikan kampanye banner online yang berhasil, aturan yang harus diikuti:
- Menjaga banner tetap kecil,
- Memperhatikan desain,
- Menghindari animasi kompleks,
- Membuatnya dapat dibaca,
- Memastikan link banner berfungsi,
- Membuat pesan yang menarik perhatian,
Unit untuk mengukur web site:
- Page view, (jumlah yang lihat 1 halaman)
- Hits, (jumlah yang tekan suatu link, gambar, video, atau audio)
- Visits, (urutan halaman yang dilihat oleh 1 pengunjung)
- Visitor, (orang yang dapat diidentifikasikan dari properti tertentu, misalnya alamat email dan cookies)
- Ad impression, (jumlah banner yang dilihat di halaman web tertentu)
- Ad click (jumlah banner yang ditekan di halaman web tertentu)
Prinsip pemasaran one-to-one (one-to-one marketing):
- Identifikasi, -> mengidentifikasi pola pembelian setiap konsumen
- Interaksi, -> menawarkan bantuan terotomatisasi dengan memilih produk, jasa, informasi yang mungkin berguna bagi konsumen tertentu
- Diferensiasi, -> melayani semua konsumen berdasarkan pribadi masing – masing
- Melacak, -> agar lebih memahami konsumen, melacak setiap transaksi tiap individu
- Kostumisasi -> membuat modul produk, informasi, bagian, dan komponen jasa yang dapat diadaptasikan untuk kebutuhan setiap konsumen.
Aturan penjualan langsung (direct marketing):
- Penonton, -> dalam Internet, penonton berfokus pada Anda
- Klarifikasi, -> tanyakan dan pastikan pesan yang muncul yang berisi kesalahan input
- Melintasi batas, -> Internet terbuka untuk semua budaya & bangsa, pastikan tidak menyinggung
- Konsumen, -> pakai teknologi pemasaran one-to-one untuk mendapat informasi konsumen
- Daftar, -> jangan sewa atau jual daftar konsumen tanpa persetujuan tertulis
- File log, -> jangan bergantung pada file log web server, tapi carilah data lebih bermakna
- Privasi, -> memperlakukan privasi setiap orang adalah rahasia
- Spam. -> jangan pernah menggunakan email untuk spam 1
Refrensi : ppt Universitas Bina Nusantara