Foundations of electronic commerce

Tulisan saya kali ini akan memuat rangkuman dari judul Foundations of electronic commerce. semoga bisa membantu anda yang membaca tulisan saya 🙂

Electronic Commerce menggambarkan proses membeli, menjual, mengirimkan, atau menukarkan produk, jasa, dan/ atau informasi melalui jaringan komputer, termasuk Internet.

Beberapa perspektif (sudut pandang) yang menggambarkan Electronic Commerce:

  • Komunikasi: EC adalah pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau dengan perangkat elektronik lain.
  • Komersial (Pertukaran): EC menyediakan kemampuan membeli dan menjual produk, jasa, informasi melalui Internet dan melalui jasa online lainnya.
  • Proses bisnis: EC melakukan bisnis secara elektronik dengan melakukan proses bisnis melalui jaringan elektronik, dengan demikian menggantikan informasi  untuk proses bisnis fisik.
  • Jasa: EC adalah suatu alat yang mewujudkan keinginan dari pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memotong biaya jasa sekaligus meningkatkan kualitas layanan konsumen dan mempercepat layanan pengiriman.
  • Pembelajaran: EC memungkinkan pelatihan dan pendidikan secara online di sekolah, universitas, dan organisasi lainnya, termasuk bisnis.
  • Kolaborasi: EC adalah kerangka kerja untuk kerjasama interorganisasi dan intraorganisasi.
  • Komunitas: EC menyediakan tempat berkumpul komunitas member untuk belajar, transaksi, dan kerjasama.

Electronic Business merujuk pada definisi yang lebih luas dari EC, tidak hanya membeli dan menjual barang dan jasa, tetapi juga melayani konsumen, kerjasama dengan partner bisnis, melakukan e-learning, dan melakukan transaksi elektronik dalam organisasi

3 dimensi dalam Degree of digitization (perubahan dari fisik menjadi digital) yang bisa berbentuk fisik ataupun digital:

  • Produk (atau jasa) yang dijual,
  • Proses,
  • Agen pengiriman (perantara).

Pure EC (EC murni) memiliki 3 dimensi yang semuanya adalah digital, sedangkan Partial EC (EC parsial) memiliki dimensi yang masih berupa fisik (tidak semuanya digital).

3 bentuk organisasi EC:

  • “Brick-and-Mortar”: adalah organisasi yang melakukan bisnis secara offline, menjual produk fisik, dan juga agen fisik.
  • “Virtual (Pure Play)”: adalah organisasi yang melakukan aktivitas bisnis hanya secara online.
  • “Click-and-Mortar”: Adalah organisasi yang melakukan beberapa aktivitas EC, tetapi melakukan bisnis utama di dunia fisik.

E-Marketplace adalah pasar online dimana pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan pertukaran barang, jasa, uang, atau informasi.

Interorganizational Information System (IOS) adalah sistem komunikasi yang mengizinkan proses transaksi rutin dan aliran informasi antara 2 atau lebih organisasi.

Intraorganizational Information System adalah sistem komunikasi yang mengizinkan aktivitas EC berjalan dalam organisasi individual.

5 area pendukung (pilar) EC:

  • Orang (people), terdiri dari penjual, pembeli, perantara, ahli sistem informasi, manajemen.
  • Kebijakan umum (public policy), terdiri dari hukum, perlindungan privasi, pajak, aturan, dan standar teknis.
  • Pemasaran dan pengiklanan (marketing & advertising), terdiri dari penelitian pasar, promosi, dan konten web.
  • Dukungan layanan (support services), terdiri dari logistik, pembayaran, konten, dan pengembangan sistem keamanan.
  • Kemitraan bisnis (business partnership), terdiri dari program afiliasi, kerjasama, pertukaran, e-marketplace, dan konsorsium.

2 jenis utama EC:

  • B2C (Business to Consumer)                 -> biasa disebut e-tailing
  • B2B (Business to Business)

 Klasifikasi EC berdasarkan sifat transaksi dan interaksi selain B2C dan B2B:

  • B2B2C (Business to Business to Consumer),
  • C2B (Consumer to Business),
  • C2C (Consumer to Consumer),
  • Peer to peer application,          -> teknologi yang mendukung pertukaran data dan proses secara langsung antar jaringan komputer
  • Mobile Commerce,       -> transaksi dan aktivitas EC yang dilakukan dengan wireless
  • Intrabusiness EC,         -> aktvitas EC dalam hanya untuk internal perusahaan
  • B2E (Business to Employee),    -> bagian dari Intrabusiness EC
  • Collaborative Commerce,         -> individu atau grup yang melakukan komunikasi online
  • Nonbusiness EC,
  • E-Learning,
  • E2E (Exchange to Exchange),   -> perkembangan B2B
  • E-Government.

Refrensi :      ppt Universitas Bina Nusantara

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar